Saturday, December 24, 2016

cara install manjaro linux 16.10 kde desktop

A. Pengertian
Manjaro adalah distribusi linux yang ramah pengguna, dikembangkan secara independen berdasarkan sistem operasi Arch. Didalam komunitas linux, Arch sendiri dikenal sebagai distribusi yang cepat, handal dan ringan yang menyediakan software yang termutakhir (cutting edge) - dan juga stabil (bleeding edge) -. Namun, Arch lebih ditujukan kepada pengguna yang telah berpengalaman. Dengan begitu, secara keseluruhan dianggap di luar jangkauan mereka yang tidak memiliki keahlian teknis (atau ketekunan) yang diperlukan untuk mengoprasikannya..

B.Latar Belakang 
Apa yang membuat saya ingin menginstall manjaro linux ini? karena saya ingin tau perbedaan turunan debian dengan turunan arch dan redhat , karena itu saya memilih manjaro linux yang mudah di gunakan untuk pemula.


C. Maksud dan tujuan
Maksud menginstall manjaro linux dan memposting ke blog saya ini yaitu untuk menambah pengalaman saya menggunakan linux berbagai versi.

D. Jangka waktu pelaksaan saat menginstall manjaro linux
Kalo saya sih waktu menginstall manjaro linux mulai dari jam 21:19 sampai dengan 21:53 sekitar 30menit lebih lah..


E. Hal yang di perlukan sebelum menginstall manjaro linux
1. Mental dan hati yang kuat tidak takut gagal.
2. file iso manjaro linux bisa di download di officials websitenya
3. laptop yang sudah terinstall virtualBox
4. RAM laptop di usahakan di atas 2GB karena manjaro linux minimal menggunakan RAM 1GB.

F. Tahap Pelaksanaan
Oke, pertama buka virtualbox anda, klik "new" pada pojok kiri atas virtualbox. lalu isi form seperti gambar di bawah :



setelah itu klik "Next", lalu atur penggunaan ram pada manjaro, di sini saya menggunakan 1280MB ram atau sekitar 1GB karena Manjaro linux minimal menggunakan 1GB ram. klik next ..
setelah di atur ram nya sekarang akan muncul seperti gambar di bawah, tinggal next aja yah~
 lalu akan ada seperti gambar di bawah "Next" ajaa...

nah, disini adalah pengaturan size Harddisk yang di gunakan  untuk menginstall manjaro, disini saya menggunakan default dari virtualbox yaitu 8GB, terus klik "Create", lalu jendela tersebut tertutup sendiri.. dan klik lagi OS nya pada virtualbox.
 lalu klik browse untuk memilih *.iso file manjaro linux nya, dan akan ada tampilan seperti ini :
Dan setelah menunggu beberapa detik untuk meload file *.iso nya maka akan ada tampilan seperti gambar di bawah, pilih "Start manjaro linux" dan enter.

Lalu ada loading screen kayak gambar di bawah, tunggu saja beberapa menits..
Nah, kalo sudah muncul desktop kayak gambar di bawah ini klik "Use Calameres" di bawah "Installation"
Nah, kalo udah kayak gambar di bawah tinggal klik "Next" kalo tombol "Next" nya tidak bisa di klik kemungkinan ram anda tidak cukup atau kurang dari batas minimal.

Setelah itu, memilih tempat lokasi jam/waktu nya disini saya memilih timezone "Asia/Jakarta" bisa di sesuaikan daerah anda masing2 heheheh.. lalu klik "Next"

Sekarang waktunya memilih bahasa yang di gunakan dan jenis input keyboard yang di gunakan kalo saya menggunakan default saja jadi langsung klik "Next"..
Okay!! sekarang bagian pemartisian , nah berhubung saya menggunakan VirtualBox maka tidak ada salahnya jika saya memilih "Erase Disk" untuk memformat semua isi harddisk dari virtualbox, lalu Klik "Next"..

seep, lanjut langkah berikutnya yaitu pemberian nama anda,nama untuk login dan nama PC anda dan tidak lupa password anda..
Bisa di isi terserah anda. Klik "Next"

Nah.. Kalo sudah sampai sini peroses penginstallan sudah di mulai, tunggu hingga selesai bisa di tinggal makan dulu hehehe..



Jika penginstallan sudah selesai maka akan muncul notifikasi atau pemberitahuan bahwa manjaro linux sudah terinstall di PC anda , klik checkbox "Restart now" dan selanjutnya restart..
Done!! Sesudah di restart maka muncul GRUB seperti ini langsung saja klik enter...


Lalu, login sesuai profile users yang anda buat sebelumnya, dan klik "Login"

Dan taraaa......... Manjaro linux terinstall di virtualbox dengan sukses.

G. Pertanyaan Umum
1. Kenapa saat saya masukan nama "manjaro" pada virtualbox auto terdeteksi sebagai type "Mandriva" ?
-> Karena Manjaro dan mandriva (dulu nya namanya Mandrake) tidak jauh beda karena sama keturunan yaitu keturunan Redhat,
2. Loh, manjaro kan keturunan Arch linux?
-> Ya, itu benar tapi Arch linux itu keturunan Redhat , seperti layaknya linuxmint keturunan ubuntu dan ubuntu keturunan debian. manjaro juga seperti itu manjaro keturunan Arch dan Arch keturunan Redhat.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts