Tuesday, December 20, 2016

cara otomatis subnetting



A. Pengertian Subnetting

Subnetting adalah suatu proses untuk memecah suatu jaringan IP jaringan ke Sub Jaringan yang lebih kecil atau juga dapat diartikan sebagai metode yang dilakukan untuk membagi blok setiap alamat IP address menjadi beberapa blok IP address. 

B. Latar Belakang
Sehubung semakin meningkatnya kebutuhan networking sudah pasti di perlukan pembagian IP address (subnetting) . Supaya tidak memakan waktu pada saat subnetting maka kali ini saya akan membagikan tools buatan saya,yaitu Auto subnetting.

C. Maksud dan Tujuan
Maksud dan tujuan saya membuat tools tersebut adalah  untuk memudahkan para network engineer untuk melakukan subnetting tanpa memakan waktu yang lama.

D. Hal yang di butuhkan
1. Laptop Dengan OS Linux
2. OS sudah terinstall :
  - PHP-CLI
  - PHP-CURL
  - PHP
3. Koneksi internet

F. Tahap Pelaksanaan
1. salin code di bawah ini , kemudian paste kan di text editor misalnya di SublimeText,Atom,Pluma,leafpad,gedit,nano,pico,vim dll. 



2. Simpan code yang telah di pastekan di textEditor, dengan format *.php misalnya : netcode.php
3. buka terminal anda, masukan perintah
# php namafile.php <IpAddress> <Mask>
contoh:
# php netcode.php 192.168.10.1 24
4. Tunggu hingga ada tulisan "DONE " atau automatis browser anda akan terbuka dan menampilkan result dari subnetting anda.

G. KESIMPULAN
 jadi Kesimpulan saya membuat tools ini adalah untuk memudahkan dan mempercepat proses subnetting para network engineer.Dan sangat di sarankan sebelum mencoba tools ini anda harus bisa subnetting manual terlebih dahulu.


referensi pengertian subnetting :http://fadhil18.blogspot.co.id/2015/08/pengertian-subnetting.html

Share:

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts