Tuesday, December 20, 2016

Pengertian GNU dan GPL pada linux


Assalamualaikum wr. wb.

Yosh! kali ini saya akan membahas Pengertian GNU dan GPL, pastinya kawand-kawand kalo sudah memakai linux itu tidak asing dengan kata kata GNU dan GPL,nah kalian tau gak apa itu GNU dan GPL?

GNU adalah suatu sistem perangkat lunak komputer (Software) sepenuhnya terdiri dari perangkat lunak bebas (Freeware) . Namanya merupakan akronim berulang untuk GNU's Not UNIX (GNU bukanlah UNIX), nama itu dipilih karena rancangannya mirip Unix, tetapi berbeda dari UNIX, GNU tidak mengandung kode-kode UNIX.
 Pengembangan GNU dimulakan oleh Richard Stallman dan merupakan fokus asli Free Software Foundation (FSF) atau dalam bahasa indonesia Penemu perangkat Lunak bebas.

Kalau GPL apa itu?
GPL ada kaitannya dengan GNU looh.. jika GNU adalah peangkat lunak bebas maka GPL adalah Lisensi dari perangkat lunak bebas tersebut.

GPL merupakan Singkatan dari General Public License atau dalam bahasa indonesia Lisensi publik umum merupakan suatu lisensi perangkat lunak bebas yang aslinya di tulus oleh Richard Stallman Lisensi GPL memberikan penerima salinan perangkat lunak hak dari perangkat lunak bebas dan menggunakan copyleft untuk memastikan kebebasan yang sama diterapkan pada versi berikutnya dari karya tersebut. GPL terakhir lisensi ini, yaitu versi 3, dirilis 27 Juni 2007. GNU Lesser General Public License (LGPL) merupakan versi lain GPL, ditujukan untuk penggunaan beberapa software library.


reference : https://id.wikipedia.org/wiki/GNU
                : https://id.wikipedia.org/wiki/GPL

Share:

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts