Wednesday, December 28, 2016

pengertian mac address beserta cara kerjanya


A. Pengertian 

Mac Address atau Media Access Controll Address adalah sebuah alamat jaringan yang di implementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, Yang mempresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan.  Dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet, MAC address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address.

B. Ciri Ciri Mac address

 

 1. Digunakan sebagai identitas yang unik dari setipa iface hardware, yang merupakan identitas untuk berkomunikasi di OSI layer 2
2. Sebagian bit merupakan identitas pabrik pembuat hardware
3. 48 bit hex. contoh "AA:BB:CC:DD:EE:FF"
4. Jika sebuah router memiliki 3 iface fisik, maka akan memiliki 3 buah Mac Address
5. Untuk virtual iface (VLAN,EoIP) maka ditambahkan mac address virtual.

C. Cara Kerja

MAC Address mengizinkan perangkat-perangkat dalam jaringan agar dapat berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh, dalam sebuah jaringan berbasis teknologi Ethernet, setiap header dalam frame Ethernet mengandung informasi mengenai MAC address dari komputer sumber (source) dan MAC address dari komputer tujuan (destination). Beberapa perangkat, seperti halnya bridge dan switch Layer-2 akan melihat pada informasi MAC address dari komputer sumber dari setiap frame yang ia terima dan menggunakan informasi MAC address ini untuk membuat "tabel routing" internal secara dinamis. Perangkat-perangkat tersebut pun kemudian menggunakan tabel yang baru dibuat itu untuk meneruskan frame yang ia terima ke sebuah port atau segmen jaringan tertentu di mana komputer atau node yang memiliki MAC address tujuan berada.


Referensi : 
1. https://id.wikipedia.org/wiki/MAC_address
2. http://alinko.japanese.id/data/index.php?dir=eBook%20TKJ/&file=Materi%20Mikrotik%20MTCNA-05-2012.pdf

Share:

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts