Selasa, 28 Februari 2017

Restore database menggunakan sql command



A. Pengertian

 SQL atau   Structured Query Language  adalah bahasa domain-spesifik digunakan dalam pemrograman dan dirancang untuk mengelola data dalam sebuah manajemen database relasional sistem (RDBMS), atau untuk pengolahan aliran dalam sistem relasional manajemen aliran data (RDSMS).  Awalnya berdasarkan aljabar relasional dan tuple relasional kalkulus , SQL terdiri dari bahasa definisi data , bahasa manipulasi data , dan bahasa data kontrol . Ruang lingkup SQL meliputi insert data, query, update dan menghapus, skema penciptaan dan modifikasi, dan kontrol akses data. Meskipun SQL sering digambarkan sebagai, dan untuk sebagian besar adalah, sebuah bahasa deklaratif ( 4GL ), juga termasuk prosedural elemen.  SQL adalah salah satu bahasa komersial pertama untuk Edgar F. Codd 's model relasional , seperti yang dijelaskan dalam berpengaruh tahun 1970 makalahnya, A Relational Model Data Data Bank Besar Bersama.Meskipun tidak sepenuhnya mengikuti model relasional seperti yang dijelaskan oleh Codd , itu menjadi bahasa database yang paling banyak digunakan.


B. Latar Belakang

Karena restore atau import database menggunakan versi gui atau menggunakan phpmyadmin berat dan loading lama , maka solusi terbaik untuk restore database yaitu menggunakan sql command lebih ringan dan cepat.

C. Maksud dan tujuan

Untuk menghemat waktu dan mempercepat pekerjaan dengan sql command juga dapat menmbah pengertahuan kita mengenai sql.

D. Hal yang di perlukan

1. Niat dan baca basmallah
2. Database server
3. File backup *.sql
4. Laptop / PC

E. Jangka waktu

Waktu yang kami butuhkan untuk restore database sekitar 1 menit tergantung banyaknya database.

F. Pelaksanaan

1. Pertama masuk ke mode sql command dulu, di database server nya. eh.. sebelum nya sudah ada file backup an dari database nya ya  yang berformat *.sql

# mysql -u root -p


2. lalu masukan perintah




> source result.sql

dimana result.sql adalah file backUp'an yang anda backUp.. sesuaikan juga letak directory file sql nya.


3. Tunggu hingga SQL Command menEksekusi query yang berada di dalam file  *.sql yang tadi di restore



G. Kesimpulan

Dengan restore database via command sql maka kita akan menghemat waktu dan lebih mengerti apa yang sebenarnya di jalankan saat kita mengImport database via phpmyadmin.


referensi : 
https://www.google.com/search?q=database+restore
https://www.howtogeek.com/50354/restoring-a-sql-database-backup-using-sql-server-management-studio/
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts

Recent Posts