Monday, October 31, 2016

pengalaman malam pertama dengan DracOs Linux


Yosh!  minna, kali ini gwa akan ceritain pengalaman pertama menggunakan DracOs linux .
Bagi beberapa orang mungkin DracOs Linux ini sulit untuk di jalankan , tapi iya emang sulit, dan sudah tertulis di sini bahwa Karakteristik DracOs itu sendiri mempunyai "Heavy Control" yang artinya Sulit di gunakan untuk tingkat pemula linux.
Dan  penggunaan shortcut-shortcut yang di gunakan di DracOs Berbeda dari Shortcut di OS lain, Baca Shortcut DracOs .
Jika masih pemula dan mencoba menggunakan DracOs tanpa mempelajari Shortcut yang di gunakan terlebih dulu mungkin anda tidak bisa ngapa-ngapain.
Lah terus mau gimana?
DracOs Juga mempunyai karakteristik "Always From terminal" jadi semua aplikasi di jalankan melalui terminal, Nah, kalau tidak tau cara buka terminalNya kan secara automatis :'v kita tidak bisa ngapa-ngapain nih,
untuk membuka terminal dengan shortcut "Windows+shift+Enter" ,

Oits, ada yang khas di dracOs ini. Menurut penelitian singkat saya setelah menggunakan dracOs , dan menggunakan tombol-tombol kombinasi (Shortcut) disini saya lihat tombol "windows" adalah tombol yang sangat penting saat kita menggunakan DracOs .

 Nah mau gimana lagi?

 Hampir semua Shortcut nya tidak terlepas dari tombol "windows" ,
hehehehe,, Ini kayaknya juga termasuk karakteristik DracOs Meskipun DracOs itu Linux tapi dia tidak terlepas dari tombol "windows" ini baik deh, Anti rasis boss :v.

Untuk kalian Jika leptop kalian atau PC kalian di keyboardnya gak ada tombol windows mungkin anda tidak bisa ngapa-ngapain setelah menggunakan DracOs.
ini juga baik untuk keybaord :'v biar tombol "windows" ada manfaatNya, kowkokwokwkwokow..
karena di OS lain tombol "windows" jarang di pakai (Setahu ane :v) .

Dan apalagi ya?
Oh ya, DracOs sendiri di bangun menggunakan Linux From Scratch Yaitu linux yang di buat dari source code mentahan, atau gimana ya, pokoknya dari awal lah~ yang pasti bukan turunan kyak keluarga Debian & redhat.
Untuk menginstall software atau aplikasiPun harus compile/build secara manual, tidak ada package khusus untuk memudahkan menginstall software yang kita inginkan.
Jadi jika anda sudah terbiasa menggunakan linux yang sudah ada package installanNya mungkin lebih mudah seperti
"apt-get install","yum install","pacman" dll.. Ugh, di DracOs ini belum ada yang kayak gitu bro, jadi kita di tuntut untuk Kreatif dan membangun semangat OPENSOURCE..
hehehehe... Meskipun begitu tetep saja semua ada tutorialNya kok, jadi gak usah khawatir jika  ingin menggunakanNya, Lagian itu buatan indonesia looh bro, Jadi harus bangga!! Katane simbah "cintailah produk indonesia" , namun sayang sekali ya bagi orang yang ketergantungan dengan OS berbasis GUI (Graphical User Interface) Yang suka klik sana klik sini, di dracOs ada kursor tapi kyak gak ada gunanya deh,
hehehehe... karena kita disini menggunakan DracOs Jarang sekali memegang Mouse atau Touchpad. Meskipun begitu tapi tetep ada gunanya kok,:D

sekian ya gan, terimakasih telah membaca ocehan saya :'v .
dan jangan lupa ingetin kalo ada kata-kata ane yang salah,dan saya mohon maaf.
#CMIIW
Share:

3 comments:

Popular Posts

Recent Posts