Tuesday, December 20, 2016

apa itu bash? (unix shell)

A. Latar belakang

Yang membuat saya memposting "apa itu bash?" adalah kebutuhan kita sebagai linux user atau di sebut Linuxer , ada orang mengatakan seorang tux tidak lengkap jika dia tidak memahami Bash. karena bash sendiri adalah kebutuhan yang ada di linux tersebut untuk menjalankan aplikasi aplikasi yang ada di linux.

B. Maksud Dan Tujuan

Maksud dan tujuan saya memposting artikel ini adalah untuk membuat para linux user memahami Bash.

C. Pengertian
Apa itu bash? pastinya kalian yang sudah menggunakan linux tidak asing dengan yang namanya bash ,
bash adalah sebuah shell (Unix) dan Command Line Interface (CLI) yang di buat oleh BRIAN FOX untuk project GNU sebagai salah satu software gratis yang menggantikan keberadaan Bourne shell, bash shell di rilis pada tahun 1989 dan telah didistribusikan secara meluas sebagai default shell untuk system Operasi GNU dan juga sebagai default shell untuk Linux dan OS X. Dan kabar gembira untuk pengguna windows, karena pada windows 10 redstone telah mulai direlease bash command sebagai linux subsystem, dan rencananya akan di publikasikan pada bulan juni 2016.

Nama Bash diambil dari sebuah akronim (kependekan /singkatan) yang mengacu pada sejarah dirilisnya shel unix ini. Bash merupakan singkatan dari Bourne-again shell, yang mengacu pada sal muasal dirilisnya shell unix ini yang menggatikan Bourne shell.

D. Tahap Pelaksanaan Penulisan pertama pemrogramman Bash

bash syntax pertama di tulis adalah "#!/bin/bash" kenapa? karena directory utama Bash ada di "/bin/bash" kayaknya sih seperti itu hehehe.. Comment pada bash menggunakan tanda pagar (#) yang di maksud comment di sini adalah kata kata yang kita tulis setelah tanda pagar (#) tidak akan di eksekusi oleh bash.
 Oke,langsung saja kita mulai membuat program pertama Bash. buka text editor anda seperti nano atau vim. lalu masukan berikut :

#!/bin/bash
echo "Hello bash" # untuk menampilkan "Hello bash"


simpan dengan ekstensi *.sh contoh programpertama.sh, lalu run di terminal menggunakan perintah :
# bash namafile.sh

referensi : https://linux.tutorials.id/bash-command/definisi-dan-pengenalan-apa-itu-bash-unix-shell/
Share:

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts