Thursday, December 22, 2016

cara install linux mint versi 17.3 codename Rosa,step by step

Assalamualaikum wr wb.
 
Yosh!! kali ini aku mau share  bagaimana cara menginstall linux mint versi 17.3 mungkin untuk beberapa orang yang baru menggunakan linux, linux mint adalah OS (Operating System) yang di sarankan untuk pemula linux, Seep.

A. Pengertian
Linux mint adalah SO (Sistem Operasi) Linux yang merupakan distribusi linux berbasis debian dan ubuntu , engan Linux Mint Debian Edition (LMDE) sebagai suatu alternatif yang sepenuhnya berbasis Debian. Aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu, juga bisa berjalan pada LinuxMint. Walaupun inti dari LinuxMint adalah Ubuntu, LinuxMint hadir dengan tampilan yang berbeda dengan Ubuntu.
 
B. Latar belakang
Yang membuat saya memposting ini adalah semakin meningkatnya pengguna OpenSource indonesia dan sebagian itu tidak tau cara menginstall linux mint, maka dari itusaya memposting artikel ini.
 
C. Maksud dan tujuan
Apa maksud dan tujuan saya memposting artikel ini? yah.. tentunya yang pertama untuk membagikan sedikit pengalaman untuk orang orang yang membutuhkan.

D. Jangka waktu pelaksaan untuk menginstall Linux mint
Menurut pengalaman saya waktu yang dibutuhkan untuk menginstall linux mint tidak terlalu lama, tinggal kebutuhan masing masing sih.. kalo saya kurang lebih 15 menit , dan paling lama 1 jam.

E. Hal yang di butuhkan
1. Mental dan keberanian untuk mencoba.
2. Bootable flashdidk atau linux mint yang sudah di burn ke DVD
3. Laptop / PC dalam keadaan sehat walafiat

F. Tahap Pelaksanaan
 Pertama anda harus masuk ke settingan BIOS untuk mengatus BOOT PRIORITY di arahkan ke Flashdisk atau DVD linux mint, jika itu sudah paham maka langkah selanjutnya adalah masuk pertama ke dalam desktop linux mint codename rosa ini, seperti ini :
 
                      
Ok,jika tampilan sudah seperti di atas maka langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah mengklik icon DVD atau installerNya kemudian akan muncul seperti gambar dibawah untuk memilih bahasa


Pilih bahasa anda, digambar memilih bahasa inggris biar international dikitlah hehehe.. jika sudah memilih bahasa yang anda gunakan selanjutnya klik "continue"

 
Nah Jika langkah di lewati dengan sempurna maka akan muncul seperti gambar diatas, untuk memilih mengoneksikan jaringan atau tidak, disini saya memilih mengoneksikan jaringan pilih yang bawah "Connect to this network" lalu klik continue
 
yo, setetah itu maka akan ada tampilan pemberitahuan seperti ini, klik continue saja.. masuk ke langkah berikutnya yaitu bagian mempartisi harddisk yang di gunakan untuk menginstall linux mint tersebut. di sini saya memilih something else selanjutnya klik continue




  pertama kita buat partisi root nya,klik ikon "+" yang ada di pojok kiri bawah untuk membuat partisi, kemudian isikan seberapa banyak kapasitas harddisk yang di inginkan, untuk type for the new partition pilih primary, location for the new partition pilih Beginning of this space, use us pilih Ext4 journaling file system, mount point pilih "/". kemudian klik OK.
 


  kedua yaitu swap caranya hampir sama, kapasitas swap dihitung dengan 2x kapasitas memory , jika memory RAMnya 2 GB, kapasitas swapnya 4 GB,klik ikon +, kemudian isikan size swap,  type for the new partition pilih Logical , location for the new partition pilih Beginning of this space, mount point pilih "swap area". kemudian klik OK.
  Jika partisi harddisk dan swap nya sudah selesai maka selanjutnya adalah klik "Install now"

    Tampil pemberitahuan dilayar, silakan klik Continue untuk melanjutkan.


    Selanjutkan pilih wilayah teman-teman, kemudian klik Continue

  Pilih jenis keyboard,, biasanya sudah otomatis terpilih,, tinggal klik Continue

  Pada tahap ini isikan nama user, nama komputer, dan password, lalu klik Continue

17.    Kemudian os akan melakukan proses copying file ke komputer,, disini akan memakan waktu,, silahkan tunggu sampai proses selesai

  Jika installan sudah selesai, maka akan muncul pemberitahuan dilayar,, ada dua pilihan yaitu Continue Testing dan Restart Now,,  kalau kalin pilih continue kumputer anda tidak akan meRestart    tapi lebih baik Restart 

masukkan username dan password lalu klik enter

  akan masuk dekstop linux mint . dan selesai sudah install linux mint kali ini


referensi : http://maulanashio23.blogspot.co.id/2016/12/mengeistal-linux-mint-veri-17.html
                 https://id.wikipedia.org/wiki/Linux_Mint
Share:

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts