Monday, January 23, 2017

install webserver apache2 full php5 extension linux debian based



A. Pengertian

Server HTTP Apache atau Server Web/WWW Apache adalah server web yang dapat dijalankan di banyak sistem operasi (Unix, BSD, Linux, Microsoft Windows dan Novell Netware serta platform lainnya) yang berguna untuk melayani dan memfungsikan situs web. Protokol yang digunakan untuk melayani fasilitas web/www ini menggunakan HTTP.
Apache memiliki fitur-fitur canggih seperti pesan kesalahan yang dapat dikonfigur, autentikasi berbasis basis data dan lain-lain. Apache juga didukung oleh sejumlah antarmuka pengguna berbasis grafik (GUI) yang memungkinkan penanganan server menjadi mudah.
Apache merupakan perangkat lunak sumber terbuka dikembangkan oleh komunitas terbuka yang terdiri dari pengembang-pengembang dibawah naungan Apache Software Foundation.

B. Latar Belakang

Setelah menginstall debian 8.6 server,saya melanjutkan menginstall webserver supaya port 80 dari debian terbuka dan hostname ataupun alamat IP debian bisa di buka melalui web browser.

C. Maksud dan tujuan
Untuk menginstall apache2 sekaligus php5 yang nantiNya bisa di install CMS dan sekaligus membuka port 80 dari debian 8.6 server






D. Hal yang di butuhkan
1. Niat dan baca basmallah
2. Debian server
3. Koneksi internet

E. Jangka waktu pelaksanaan
Untuk menginstall webserver apache2 full php5 extension ini saya membutuhkan waktu 20 menit

F. Pelaksanaan 


1. Oke, pertama yang harus di lakukan adalah remote server menggunakan ssh. Jika sudah terkoneksi ke server kita maka selanjutnya cek repository debian kita terlebih dahulu, disini saya manggunakan debian 8.6 codename jessie .
Pastikan repository kita menyediakan php5 , jika tidak maka saya sarankan menggunakan repository DISINI .

Tambah atau ganti repository menggunakan perintah .
# nano /etc/apt/sources.list


2.  Disini saya hanya menggunakan satu sumber repository yaitu repository debian blc telkom klaten, karena repository debian blc telkom klaten ini stabil dan menyediakan PHP5 . Jika sudah CTRL+X dan Y untuk menyimpan.



3. Setelah mengganti atau menambah repository selanjutnya kita melakukan update dengan perintah
# apt-get update


4. Yosh, selanjutnya install apache2 nya dulu
# apt-get install apache2


5. Setelah lancar menginstall apache2 sekarang lanjut install php5 + php5 extensionnya biar apa? biar lengkap dan jika ada reqruitments CMS yang memerlukan salah satu php5  extension kita tidak perlu menginstall nya lagi.

# apt-get install php5 php5-mysql php5-gd php5-json php5-mcrypt
# apt-get install php5-cli php5-xmlrpc
# apt-get install php5-intl php5-curl php5-pear php5-imagick

6. setelah meginstall php5 dan beserta extension nya selanjutnya kita melakukkan installasi database server, saya disini menggunakan mariadb sebagai database server nya

# apt-get install mariadb-server
# mysql_secure_installation

7. Setelah lancar melakukan install database server , kita memerlukan aplikasi menjemen database server nya . disini saya menggunakan PhpMyAdmin Sebagai database menejemennya.

# apt-get install phpmyadmin


referensi : https://en.wikipedia.org/wiki/Apache_HTTP_Server
Share:

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts