Tuesday, January 03, 2017

Virtualisasi perangkat keras


A.Pengertian

Istilah virtualisasi perangkat-keras mengacu kepada upaya menciptakan mesin virtual yang bekerja layaknya sebuah komputer lengkap dengan sistem operasi. Istilah mesin tuan-rumah(host) mengacu kepada mesin tempat virtualisasi bersemayam sementara istilah mesin tamu(guest) mengacu kepada virtual mesin itu sendiri. Istilah hypervisor mengacu kepada perangkat-lunak atau firmware yang membuat mesin virtual.
Dua pendekatan yang paling umum digunakan untuk virtualisasi perangkat-keras adalah virtualisasi penuh dan para-virtualisasi. Dalam virtualisasi penuh sebuah lapisan berada di antara mesin tamu (virtual) dan mesin tuan-rumah. Lapisan ini disebut hypervisor atau disebut juga pemantau mesin virtual. Lapisan ini menggandakan sumber-daya sistem bagi kepentingan masing-masing mesin tamu. Para-virtualisasi berbeda dalam hal hypervisor bekerja dengan cara yang lebih koperatif. Setiap sistem operasi tamu menyadari bahwa mereka berjalan dalam lingkungan virtual dan bekerja sama dengan hypervisor untuk memvirtualisasikan mesin tuan-rumah.

D. Para Virtualisasi

Contoh hypervisor yang termasuk kategori ini adalah TRANGO, Xen, KVM; IBM's LPARs, Win4Lin 9x, Sun's Logical Domains, z/VM. virtualisasi paruh hanya mensimulasikan beberapa hal dari perangkat tersebut. Virtualisasi paruh lebih mudah dijalankan daripaada virtualisasi penuh, akan tetapi virtualisasi paruh memiliki kekurangan dalam hal compatibility/kesesuaian

E. Virtualisasi Penuh 
Contoh hypervisor yang termasuk kategori ini adalah Parallels Workstation, Parallels Desktop for Mac, VirtualBox, Virtual Iron, Oracle VM, Virtual PC, Virtual Server, Hyper-V, VMware Workstation, VMware Server (sebelumnya GSX Server), QEMU, Adeos, Mac-on-Linux, Win4BSD, Win4Lin Pro, and Egenera vBlade technology.

referensi : https://id.wikipedia.org/wiki/Virtualisasi_perangkat_keras
Share:

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts