Monday, February 20, 2017

Menambah google search engine di firefox pada linux mint 18.1




A. Pengertian 

 Mesin pencari web (bahasa Inggris: web search engine) adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web. Sebagian besar mesin pencari dijalankan oleh perusahaan swasta yang menggunakan algoritma kepemilikan dan basisdata tertutup, di antaranya yang paling populer adalah safari Google (MSN Search dan Yahoo!). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber terbuka (open source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS.

B. Latar Belakang

Karena banyak orang yang menanyakan "bagaimana cara menambah google search engine di linux mint ?"  dan orang orang banyak yang ketergantungan menggunakan google untuk pencarian mereka.

C. Maksud dan tujuan

Untuk menambahkan mesin pencari google pada linux mint

D. Hal yang di butuhkan

1. Niat dan baca basmallah
2. Sistem Operasi Linux Mint
3. Browser Firefox
4. Koneksi internet

E. Jangka waktu

Untuk menambah mesin pencari google ini saya membutuhkan waktu 5 menit

F. Pelaksanaan

1. Pertama buka browser firefox anda, lalu pergi ke link :  https://www.linuxmint.com/searchengines.php . 
Lalu Scroll ke bawah pada "COMMERCIAL ENGINES " klik logo google , seperti di gambar.

 

2. setelah memilih engine google, pada form pencarian klik Add "google" seperi gambar di bawah ini.


3.  selanjutnya , masukan "about:preferences#search" pada address bar. dan enter untuk menuju settingan search engine dari firefox nya. lalu pilih google, seperti gambar di bawah.


4. Pastikan Default Search engine sudah berubah menjadi Google.



5. Cek! cari sesuatu pada form pencarian... :)



G. Kesimpulan

Karena kebanyakan orang menggunakan search engine google maka dari itu membuat orang orang ketergantungan menggunakan google untuk pencarian di internet.


referensi : https://www.linuxmint.com
                    https://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_pencari
                 
Share:

0 comments:

Post a Comment

Popular Posts

Recent Posts